Thursday, May 8, 2008

Planet Energy. Konservasi Energy untuk Efisiensi dan Menyelamatkan Bumi.

Konservasi energy untuk efisiensi dan menyelamatkan bumi.

Pembaca "Planet Energy" yg budiman, Kondisi alam akhir-akhir ini semakin meprihatinkan. Bencana terjadi di berbagai tempat. Badai dahsyat, banjir, gempa bumi, kutub es yang mencair, perubahan iklim dll. Yang mengkhawatirkan lagi, selain intensitasnya yang semakin bertambah, kerusakan yang ditimbulkan juga semakin parah. Seperti kita ketahui, bencana ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi hampir di seluruh dunia.

Menurut para ilmuwan, hal itu disebabkan karena pemanasan global (global warming) sebagai akibat efek rumah kaca (greenhouse gases-GHG). Sedang GHG sendiri terjadi karena emisi CO2 di atmosphere yang semakin tak terkendali. Hal ini terjadi terutama sejak adanya revolusi industri tidak lebih dari dua ratus tahun lalu. Kalau usia industrialisasi baru sekitar dua abad saja akibatnya sudah seperti ini (bandingkan dengan usia alam semesta yang sudah jutaan tahun), kira-kira apa yang akan terjadi satu abad atau dua abad ke depan dengan planet bumi ini? Jika kita tidak segera mengambil langkah yang signifikan terhadap pemanasan global, bagaimana pula dengan nasib anak cucu kita nantinya?

Pembaca "Planet Energy" yg budiman, Melalui artikel ini kami mengajak Anda untuk ikut andil dalam upaya menurunkan ‘produksi’ emisi CO2 sesuai situasi dan kondisi kita masing-masing melalui konservasi energy. Karena, hanya melalui cara inilah kita bisa menyelamatkan atau memperpanjang umur bumi.

Tips konservasi energy pada transportasi atau mengemudi.

-> Hindari perjalanan dengan kendaraan bermotor jika bisa dilakukan dengan telephone atau video conference.

-> Jika memakai kendaraan bermotor sendiri, pertimbangkan menggunakan ethanol. Dengan ethanol (E10) bisa mengurangi emisi CO2 sekitar 10%.

-> Jika perlu bepergian, usahakan tidak menggunakan mobil pribadi, melainkan jalan kaki, naik kereta api atau bus umum. Di Amerika Serikat, mobil menghasilkan 20% lebih total emisi karbon. Dengan berjalan kaki atau bersepeda Anda akan menghemat 28.2 kg Carbon untuk setiap 100 km perjalanan.

-> Pembaca "Planet Energy" yg budiman, pada saat berada di luar rumah, tinggalkan daftar belanjaan dan daftar jalan-jalan Anda di rumah. Dengan begitu Anda mencegah / mengurangi terjadinya emisi CO2 akibat perjalanan yang berkali-kali, selain Anda juga bisa lebih perhatian pada aneka kegiatan Anda tentunya.

-> Gunakan mobil antar-jemput untuk bekerja atau antar jemput anak ke sekolah. Rata-rata per mobil antar jemput bisa menghemat 528 galon bahan bakar minyak (BBM) dan hampir 5.5 ton CO2 per tahun.

-> Gunakan taksi atau mobil pribadi yang ramah lingkungan, yaitu yang emisi GHG rendah. Kalau pergi bekerja naik bus seminggu sekali, Anda bisa menghemat 5.89 Kg CO2/bln.

-> Hindari menghidupkan A/C, kecuali saat berada di jalan bebas hambatan. Mengemudi di dalam kota dengan menghidupkan A/C akan menurunkan efisiensi bahan bakar 10% hingga 20%. Sebaliknya, pada kecepatan tinggi, jendela mobil yang terbuka akan menurunkan kecepatan mobil yang berakibat pada konsumsi BBM yang lebih boros.

-> Gunakan kendaraan hibrida (hybrid vehicle). Kendaraan ini lebih hemat 25%, atau setara dengan 1.6 ton emisi CO2 per tahun.

-> Mengemudilah secara halus (smoothly) atau ramah lingkungan (drive-green). Mengemudi pada 70 mph akan boros BBM hingga 25% dibanding pada 50 mph, sedangkan cara mengemudi yang kasar dan sering mengerem pemborosannya bisa mencapai 30% dibandingkan dengan mengemudi secara halus (lancar). Jika satu juta warga Canada memiliki komitmen untuk melakukan “driving green” selama setahun bisa menghemat sekitar 10.000 truk tangki BBM (Bagaimana dengan warga Jakarta yang sering macet, ya?)

-> Pastikan tekanan ban mobil Anda sesuai aturan. Jika keempat ban mobil Anda tekanannya kurang 2 psi saja (yang kelihatannya hanya sedikit sekali),
efisiensi BBM akan menurun sebesar 4%.

-> Hindari menghidupkan mesin saat tidak digunakan (menganggur), karena hal ini akan memakan BBM sekitar 3.78 liter per jam atau setara 8 kg lebih CO2.

Nantikan tips konservasi energy lainnya di blog ini.

B e r s a m b u n g.

NB.
Pembaca "Planet Energy" yg budiman, sekedar mengingatkan kembali, bila Anda ingin mengetahui berapa CO2 yang telah Anda buang ke udara selama ini baik dari mobil maupun peralatan rumah tangga Anda silahkan klik link berikut LivClean.CA klik Individual, lalu klik Calculate Your Carbon Footprint dan masukkan data Anda.

1 comment:

cheya said...

wow... trik y menarik.. btw tuker link yukzz... n kasih buku tamu dunkkk blogna :D

Daftar ISI - BAHASA INDONESIA